👁️ 258 Views
0 Likes
Dalam dunia digital marketing yang kompetitif, kemampuan menyampaikan pesan secara persuasif sangat menentukan keberhasilan sebuah kampanye. Salah satu teknik yang telah terbukti efektif dalam menarik perhatian audiens dan meningkatkan konversi adalah formula copywriting FAB.
FAB sendiri merupakan singkatan dari Features, Advantages, dan Benefits. Teknik ini tidak hanya membantu menyusun pesan yang lebih terstruktur, tetapi juga menekankan sisi emosional dan rasional dari suatu produk atau layanan.
Bayangkan kamu lagi masak mie goreng. Mi sendiri adalah bahan utama, ibarat produk atau jasa utama yang kamu tawarkan. Dalam konteks digital marketing, bisa berupa layanan, solusi, atau nilai unik yang ingin kamu highlight secara terus menerus ke audience. Produk inilah yang akan menjadi benang merah dari semua kontenmu.
Sama seperti mie instan yang selalu jadi bahan utama di piring kamu, produk utama jua harus selalu muncul dan di highlight dalam setiap pilar koten. Ini adalah cara paling efektif untuk membangun top-of-mind.
Bumbu mie goreng adalah elemen yang bikin rasanya nikmat. Tanpa bumbu, mie jadi hambar. Nah, bumbu ini ibarat content pillar digital marketing, tema-tema utama yang kamu angkat secara rutin. Contohnya:
Setiap content pilar punya tujuannya masing-masing dari membangun kepercayaan, meningkatkan interaksi, sampai mendorong penjualan.
Kalau kamu suka tambahin telur, sosis, atau kerupuk ke mi goreng, itu adalah topping yang bikin tampilan makin menggoda. Dalam konteks digital marketing, format konten adalah toppingnya, bisa berupa carousel, video reels, infografis, atau artikel.
Satu pilar konten bisa diolah jadi berbagai format agar tidak membosankan dan menjangkau berbagai jenis audiens. Misalnya, pilar edukasi bisa disampaikan lewat video tutorial,carousel tips, atau bahkan podcast ringan.
Sambal memberikan rasa khas sesuai selera. Begitu juga dengan gaya bicara dan branding kamu. Di sini kamu bisa menambahkan elemen kepribadian yang unik, apakah brand kamu hangat dan bersahabat? Atau tegas dan profesional.
Konsistensi gaya komunikasi ini penting agar audiens mudah mengenali suara brand-mu di tengah keramaian digital. Ini juga memperkuat positioning dan diferensiasi brand kamu dari kompetitor.
Terakhir, mie goreng yang sudah matang butuh tempat saja, di sinilah platform media sosial seperti Instagram, TikTok, LinkedIn, dan YouTube berperan. Setiap platform punya karakteristik audiens yang berbeda, jadi penting untuk menyesuaikan penyajian konten sesuai dengan platform-nya. Sama seperti kamu menyesuaikan cara makan mie goreng langsung atau pakai topping tambahan.
Membuat strategi digital marketing yang efektif memang butuh pemahaman, kreativitas, dan konsistensi. Tapi kamu nggak harus jalanin semuanya sendirian. Di Meta Social, kami hadir sebagai partner strategis kamu untuk membangun brand awareness, meningkatkan engagement, dan menghasilkan leads yang relevan melalui strategi digital yang terarah.
Layanan kami mencakup pembuatan konten kreatif, manajemen media sosial, hingga digital advertising. Kami juga siap bantu kamu menyusun content pillar yang kuat dan relevan dengan audiens, bahkan mengoptimalkannya dalam berbagai format konten yang sesuai tren saat ini.
Jadi, kalau kamu pengen digital marketing yang gak cuma cantik tampilannya tapi juga berdampak nyata, yuk mulai bareng Meta Social! Kunjungi metasocial.co.id dan temukan solusi digital terbaik untuk bisnismu.
Leave a Comment